Indocater Raih Penghargaan sebagai Tempat Pengelolaan Pangan Terbaik 2021

  • 20 Dec, 2021
  • Admin

PT Indocater meraih penghargaan sebagai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terbaik dalam menerapkan protokol kesehatan. Indocater raih juara kedua kategori Jasa Boga Golongan B se-nasional.

Program penghargaan ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57. Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dan Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

Penghargaan ini digelar dalam upaya mendorong kembali perekonomian Indonesia agar segera pulih. Seperti diketahui, selama pandemi Covid-19 yang merebak dua tahun lalu, ekonomi Indonesia merosot tajam. Seperti diketahui, mobilitas manusia dibatasi dan berbagai bentuk aktivitas masyarakat di luar rumah diperketat untuk mencegah meluasnya penularan.

Dalam masa normal baru, untuk menggulirkan perekonomian, pemerintah kemudian mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomer 382 Tahun 2020 yang mengatur tentang protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum.  

Yang diatur oleh protokol kesehatan secara ketat adalah di tempat pengelolaan pangan di berbagai bidang pelayanan seperti pesawat, rumah sakit, perkantoran, lapas, dan lain-lain. Selain itu masih ada restoran baik di hotel maupun tempat umum lainnya serta sentra pangan jajanan dan kantin sekolah.

Program TPP diadakan agar tempat-tempat usaha pangan itu  bisa menjadi pembelajaran bagi pelaku usaha lain. Program yang digulirkan sejak dua tahun lalu ini diikuti oleh 135 Tempat Pengolahan Pangan dari 10 Provinsi di Indonesia.

Kartini Rustandi selaku Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat pada Kementerian Kesehatan mengatakan, tempat pengolahan pangan merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi pencegahan penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, pengolahan pangan perlu diperketat pengawasannya dalam rangka menjalankan prokes sejak hulu hingga ke hilir atau sejak dari dapur hingga siap di tangan konsumen.

"Diperlukan upaya kerja bersama di dalam unit tempat pengolahan pangan agar prokes bisa benar-benar dijalankan," kata Kartini.

Penghargaan TPP terbagi menjadi bermacam kategori. Selain restoran di perkantoran, penghargaan juga diberikan kepada TPP jasa boga golongan A, B, dan C serta golongan Rumah Makan.

Baca Juga

GERMAS PAS

Germas PAS merupakan suatu aplikasi yang didedikasikan kepada masyarakat untuk memudahkan dalam memperoleh informasi TPM yang aman dan sehat sesuai dengan standar Higiene Sanitasi Pangan.

Get it on Google Play