Selamat! Ganjar Terima Penghargaan sebagai Jadi Gubernur Terbaik dari Kemenkes

  • 20 Dec, 2021
  • Admin

Kementerian Kesehatan menobatkan Ganjar Pranowo sebagai gubernur terbaik dalam program penyehatan pangan nasional. Apresiasi itu diberikan karena selama ini Ganjar terjun langsung ke lapangan, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) di warung makan dan restoran. 

Ya, penghargaan itu diberikan dalam acara pengharhargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Penerapan Protokol Kesehatan Tempat Pengelolaan Pangan yang digelar Kemenkes, Rabu (17/11).

Selain Ganjar, Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Surakarta juga mendapat penghargaan sebagai kepala daerah terbaik kedua program penyehatan pangan tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

Ganjar yang menerima penghargaan itu saat perjalanan kunjungan kerja ke Cilacap mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan kerja keras semua pihak yang mendukung penerapan protokol kesehatan di pengelolaan pangan Jawa Tengah.

"Sebenarnya yang hebat itu bukan saya. Yang hebat adalah pelaku rumah makan, restoran dan tempat-tempat makan itu, termasuk mereka-mereka yang memproduksi makanan di Jawa Tengah," katanya.

Ganjar mengatakan, tanpa dukungan mereka semua, pengelolaan pangan sesuai protokol kesehatan di Jateng tidak akan berjalan. Maka, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada semua pihak yang dengan semangat mau mendukung penerapan protokol kesehatan di tempatnya masing-masing.

"Merekalah sebenarnya yang hebat-hebat, karena dalam rangka kita mengkoordinasikan, mereka menyambut ini dengan baik. Saya menyampaikan terimakasih pada semua yang berpartisipasi. Mereka hebat dan kita bisa melangkah bersama untuk lebih baik dalam rangka protokol kesehatan ini," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi pada semua pihak termasuk Gubernur, Bupati/Wali Kota dan pelaku usaha makanan yang menerapkan protokol kesehatan di tempatnya masing-masing. Menurutnya, langkah itu adalah upaya membantu percepatan percepatan pemulihan perekonomian di Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi pada kepala daerah dan semua pengelola usaha makanan yang telah menerapkan protokol kesehatan di tempatnya masing-masing. Dengan cara ini, maka upaya penerapan kebiasaan baru dan perilaku hidup sehat berkesinambungan," katanya.

Budi mengucapkan selamat kepada para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan. Ia berharap, penghargaan itu menambah semangat mereka dalam upaya penerapan normal baru.

"Dan kami berharap, penghargaan ini bisa memotivasi kepala daerah atau pengusaha lain yang belum mendapatkan penghargaan," jelasnya. 

Baca Juga

GERMAS PAS

Germas PAS merupakan suatu aplikasi yang didedikasikan kepada masyarakat untuk memudahkan dalam memperoleh informasi TPM yang aman dan sehat sesuai dengan standar Higiene Sanitasi Pangan.

Get it on Google Play